manfaat kecubung

Manfaat tanaman yang satu ini ternyata tak sedikit. Mulai dari
menghilangkan nyeri gigi, sampai kolera. Apa yang menyebabkan Kecubung
(Datura metel linn) banyak khasiatnya?

“Semua bagian tumbuhan ini yaitu akar, tangkai, daun, bunga, buah dan bijinya mengandung senyawa-senyawa alkaloid yang dikenal sebagai zat bius,” jelas Prof Jane Chang pimpinan SEA Medicine Researach Institute di Singapura. Alkaloid yang sebagian terdapat dalam akar dan biji tumbuhan kecubung, memiliki kadar antara 0.4 – 0.9%. Sedangkan dalam daun dan bunganya kadar alkaloid tersebut terdiri dari hyosiamin (atropin) dan skopolamin. Senyawa alkaloid membuat sifat racun daun kecubung sangat keras, sehingga hanya dipakai sebagai obat luar saja.

Bagaimana memanfaatnkannya? Seperti disebutkan siaran pers yang dirilis South East Asian Medicine Research Institute, November 2000, akar kecubung dapat digunakan untuk obat kolera. Sepotong akar kecil digiling dengan sedikit jahe dapat menyembuhkan sakit asma. Akar kecubung juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri pada gigi yang sakit, dengan cara menggosokkan akat tersebut pada gusi .

Daun-daun yang segar dapat digunakan untuk membersihkan ketombe. Tumbukan daunnya dicampur bawang merah dan jahe dapat mengobat sakit pinggang, linu-linu pada otot, dan sendi-sendi serta penyakit encok. Daun kecubung juga bisa digosokkan sebagai obat luar pada pipi yang terkena sakit gigi.

Daun yang direbus dapat dioleskan pada kaki untuk mengobati reumatik dan pembengkakan. Rendam daunnya dalam minyak kelapa dan dapat dipakai sebagai obat tetes untuk sakit telinga yang berbisul.

Caranya? Tujuh atau delapan helai daun kecubung diiris halus kemudian dikeringkan (dijemur matahari). Irisan daun yang kering itu lalu dicampur dengan lima sendok makan minyak kelapa murni dalam botol. Botol yang telah diisi campuran dan minyak kelapa diletakkan di panas matahari selama 14 hari atau botol ditaruh di panci yang berisi air mendidih selama 1 jam. Selanjutnya bila minyak tersebut hendak dipakai, ampas daun lebih dahulu di buang. Cara memakainya dengan meneteskan ke dalam telinga secara teratur. Minyak kecubung ini bisa disimpan lama.

Bunga kecubung bisa juga digunakan sebagai obat, baik hanya bunga saja maupun dicampur dengan daunnya. Untuk mengobati sakit telinga juga dapat menggunakan ekstrak bunganya. Bunga disimpan dalam bentuk kering, tetapi pengeringan yang telalu lama menyebabkan berkurangnya kandungan alkaloid.

Biji yang ditumbuk kemudian dicampur dengan minyak dapat digunakan untuk menggosok tulang yang terserang reumatik serta pembengkakan akibat sifilis dan bisul.

Merokok kecubung pada umumnya dilakukan untuk mengobati penyakit asma. Untuk itu biasanya digunakan daunnya bahkan sering bungannya dan kadang-kadang akar atau bijinya. Bahan-bahan tersebut dikeringkan dahulu lalu dicampur dengan rokok sigaret baru dihisap.

Keracunan kecubung dapat diobati dengan menggunakan campuran jahe dengan air kelapa muda.(Jihan F Labetubun)

Kecubung hidup di dataran rendah hingga dataran tinggi, menyukai tanah gembur dan subur yang kaya bahan organik. Tanaman ini dapat ditanam di tempat terbuka maupun sedikit terlindung. Sering tumbuh liar sebagai semak di hutan kecil atau bekas kebun.
Khasiat untuk pengobatan
1) Asma
Bagi orang dewasa, kecubung dapat dijadikan rokok yang dihisap penderita. Caranya bunga kecubung dikeringkan, dapat pula 2 daun kecubung dikeringkan. Daun atau bunga kecubung ini lantas dilinting, lalu dibakar dan dihisap seperti rokok. Obat ini sebaiknya tidak dihisap lebih dari 1 batang dalam waktu 6 jam, karena dapat menimbulkan ketagihan sehingga tidak cocok untuk anak-anak. Penderita asma yang masih muda atau anak-anak dapat menghirup uap bakaran daun atau bunga kecubung. Caranya sama seperti di atas, hanya setelah daun atau bunga dikeringkan, bahan tersebut lantas dibakar.
2) Bisul
Petiklah daun atau bunga kecubung. Tumbuk bahan tersebut. Tempelkan tumbukan bahan ini ke bisul yang sakit. Biasanya bisul akan segera matang dan sembuh.
3) Anus turun
Bagian batang dan daun tanaman direbus lalu dijadikan obat pencuci anus.

sumber: http://www.mail-archive.com/kebunku@indoglobal.com/msg00493.html
http://cuek.wordpress.com/2009/11/07/manfaat-kecubung-untuk-pengobatan-dan-kesehatan/

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: